Sejarah Awal Mula Android & Keunikan Nama Disetiap Versi

Artikel kali ini akan mengulas sejarah muncul dan perkembangan Android dari pertama didirikan hingga menjadi bessar seperti sekarang ini dikutip dari berbagai sumber, siapa tau sobat belum mengetahuinya disimak baik ya.. 😊

Android merupakan sistem operasi berbasis linux, dirancang untuk smartphone layar sentuh dan tablet. Android awal mulanya didirikan oleh perusahaan bernama Android, Inc. tempatnya di Palo Alto, California, pada Oktober tahun 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner seorang pendiri Wildfire Communications, Inc., Nick Sears seorang mantan VP T-Mobile, dan Chris White seorang kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV untuk mengembangkan sebuah "perangkat seluler pintar yang lebih sadar tentang lokasi dan preferensi penggunanya". Tjuan awal dari perkembangan tersebut pada mulanya diperuntukkan bagi kamera digital, namun disadari bahwa pasar dari kamera digital tidak besar potensinya, dan pengembangan Android lalu dialihkan pada pasar telepon pintar atau smartphone untuk menyaingi Symbian serta Windows Mobile (iPhone Apple pada saat itu belum dirilis).

Dengan dukungan finalsial dari google, namun tak lama sejak itu Google kemudian membelinya senilai 50 juta dollar AS disertai sejumlah insentif. Pada pertengahan 2005, seluruh tim kecil Android Inc telah hijrah ke markas Google di Mountain View.
Google mengakuisisi perusahaan Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005 dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang dimiliki oleh Google. Pendiri Android Inc. yaitu Rubin, Miner, serta White tetap bekerja pada perusahaan tersebut setelah diakuisisi oleh Google. Di Google, tim yang dipimpin oleh Andy Rubin mulai untuk mengembangkan sebuah platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux.

Sistem Android secara resmi dirilis pada tahun 2007, kemudian dijual untuk umum pada tahun Oktober 2008

Sejak tahun 2008, Android mulai secara bertahap melakukan sejumlah pembaruan atau update untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi tersebut dengan menambahkan fitur baru, memperbaiki BUG pada versi android yang sebelumnya. Setiap versi yang dirilis dinamakan secara alfabetis dengan berdasarkan nama sebuah makanan pencuci mulut, seperti cupcake, donut, dan sebagainya. Berikut nama-nama versi android :


Pre-commercial release (2007–2008)
Android Apple Pie : rilis November 2007
Android Banana Bread : 5 November 2007
Pada tanggal 5 November kemudian ditetapkan sebagai hari “ulang tahun”.

Commercial Release Version
Android 1.5 Cupcake : 30 April 2009
Cupcake adalah versi android pertama yang menggunakan nama dari sebuah makanan. kue ini berbentuk kecil dan dipanggang dalam cetakan berbentuk cup

Android 1.6 Donut : 15 September 2009
pada versi ini telah diperbaiki beberapa kesalahan reboot, perubahan pada fitur foto dan video serta integrasi pencarian yang lebih baik. Donut merupakan makanan yang berbentuk cincin.

Android 2.0/2.1 Eclair : 26 Oktober 2009
Eclair merupakan makanan penutup yang berupa kue berbentuk persegi panjang dan ada krim di tengah serta lapisan cokelat di atasnya.

Android 2.2 Froyo : 20 Mei 2010
Froyo merupakan makanan penutup yang berasal dari sebuah nama merk produk yang terbuat dari yoghurt. Froyo adalah yoghurt yang dingin sehingga seperti es krim. Froyo merupakan singkatan dari Frozen yoghurt.

Android 2.3 Gingerbread : 6 December 2010
Gingerbeard merupakan sejenis kue kering yang memiliki rasa jahe. Gingerbread biasanya dibuat pada saat perayaan libur akhir tahun di benua Amerika.

Android 3.0 Honeycomb : 22 February 2011
Honeycomb merupakan sereal sarapan manis yang sudah pernah dibuat tahun 1965 oleh Posting Sereal. Honeycomb atau sarang lebah, sereal ini terbuat dari beberapa potongan jagung yang kemudian dibentuk seperti sarang lebah dengan rasa madu.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich : 19 Oktober 2001
Ice cream sandwich merupakan lapisan es krim yang biasanya terdapat rasa vanila terjepit di antara dua kue cokelat, berbentuk persegi panjang.

Android 4.1 Jelly Bean : 9 Juli 2012
Jelly bean adalah nama sejenis permen dalam beraneka macam rasa buah-buahan. Ukurannya seperti kacang merah. Permen ini keras di luar namun lunak di dalam dan lengket apabila digigit.

Android 4.4 KitKat : 31 Oktober 2013
KitKat merupakan merk cokelat yang dikeluarkan oleh Nestle.

Android 5.0 Lollipop : tanggal 15 Oktober 2014
Lollipop merupakan sebuah permen manis dalam stickt yang biasanya berbentuk lingkaran atau bulat.

Android 6.0 Marshmallow : 17 Agustus 2015
Marshmallow atau manisan kenyal adalah makanan ringan bertekstur seperti busa yang lembut dalam berbagai bentuk, aroma dan warna.

Nah itulah versi-versi Android dari pertama versi beta - hingga sekarang paling up todate, Disetiap versi tentu saja memiliki kelebihan dan berbagai macam perbaikan dari versi sebelumnya, apakah sobat disini sudah mencoba sistem operasi paling baru dari Android 6.0 Marshmallow ?

Untuk beberapa perangkat siap-siap saja untuk mendapatkan update (OTA) dan rasakan kejutan yg diberikan Androidb 6.0 Marshmallow

Ada satu pertanyaan kira-kira versi Android selanjutnya akan diberi nama apa ya? Awalan ( N )
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Awal Mula Android & Keunikan Nama Disetiap Versi"

Post a Comment

• Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
• URL spam (mati/ hidup) tidak akan di publish